Program Ketahanan Pangan Koramil 0202/Kasemen

Program kegiatan Ketahanan Pangan, adalah salah satu bentuk upaya untuk mendukung Pemerintah Daerah, dalam rangka upsus sebagai percepatan tanam diwilayah teritorial Kodim 0602/Serang.

Tanam Padi Demplot merupakan,  program Ketahanan Pangan Kodim 0602/Serang TA.2018, sebagai langkah percepatan tanam periode April – September jenis Inpari – 32 Seluas 1 Ha (100 %) dan Penanaman Hortikultura dalam polybag (30 %).

Kegiatan tanam padi serempak Koramil 0202/Kasemen Kodim 0602/Serang TA 2018, dilaksanakan di persawahan Kp. Batu Amben, Kelurahan Margaluyu, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Selasa, 15 Mei 2018.

Dandim 0602/Serang Letkol Czi Harry Praptomo, S.H. menyampaikan pesan melalui  Pasi Ter kapten Inf Sapto Harjono di lokasi kegiatan. Dandim berpesan,  bahwa TNI dalam hal ini turut serta membantu Pemda dalam rangka Ketahanan Pangan dengan melaksanakan tanam secara serempak, disamping tetap melaksanakan tugas utamanya, yaitu menjaga keutuhan NKRI dan kedaulatan Negara.

“Dengan harapan agar bisa di pahami oleh segenap masyarakat, bahwa kehadiran TNI khususnya Kodim 0602/Serang, turut berperan serta dalam program pertanian yang memang sudah menjadi suatu keharusan,” ungkap Dandim.

“sehingga menjadi prajurit yang piawai dan handal dalam menjaga keutuhan NKRI dan juga menjaga kestabilan pangan dalam negeri,” imbuhnya.

Hal ini sesuai MOU antara Mentan dan Panglima TNI, bahwa nota kesepahaman yang di tandatangani merupakan wujud kerjasama untuk turut serta mensukseskan program swasembada pangan.

Maka dari itu lanjut Pasi Ter, pihaknya  (TNI Kodim 0602/Serang) akan terlibat langsung dalam rangka untuk mensukseskan gerakan menanam padi serempak. Sebagai bentuk nyata pengabdian TNI dalam meningkatkan swasembada Ketahanan Pangan di wilayah Kota Serang

Dandim sudah meminta kepada semua koramil, melalui Pasi Ter untuk mensosialisasikan Ketahanan Pangan, yang disampaikan langsung kepada para Danramil agar memerintahkan kepada para Babinsa, supaya benar-benar dapat mendampingi para petani (Poktan).

 

Dalam Kegiatan Ketahanan Pangan padi tersebut, dihadiri oleh kapten Inf Sapta Wistarajaya (Danramil 0202/Kasemen), Perwakilan Babinsa dari Koramil Jajaran Kodim 0602/Serang,  Poktan Persada 6 orang, Bpk Masroni, Kelompok Wanita Tani Persada 18 orang (pok tandur) dan Bpk Kursin (UPT Pertanian Kecamatan Kasemen). (sjn)

author

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

3 − three =