Latbak Kodim 0602/Serang

Kegiatan Jajaran 0

Pandeglang, 28 Maret 2018

Guna meningkatkan kemampuan dan keterampilan menembak bagi seluruh prajurit, agar mampu mencapai standar kualitas minimal yang ditentukan untuk itu selama dua hari (27-28/3 )

 

Kodim 0602/Serang melaksanakan latihan menembak senjata ringan TW I TA 2018 bertempat di Lapangan Tembak Yonif 320/Badak Putih Jln Raya Cadasari, Kecamatan Pandeglang, Kabupaten Pandeglang. Sebelum pelaksanaan menembak di mulai Kapten Chb Gimin selaku Pasiops Kodim 0602/Serang menekankan kepada seluruh peserta latihan agar sebelum, selama dan sesudah mengerjakan latihan selalu laksanakan pengecekan personel, materiil dan tindakan keamanan karena hal itu merupakan faktor yang sangat penting dalam pelaksanaan latihan, selanjutnya laksanakan latihan dengan sungguh-sungguh untuk  dapat mencapai hasil yang  optimal.

Arahan lain juga diberikan oleh Pelda Sutisna Dudi H selaku Bintara Pelatih (Bapel) tentang pemahaman pengetahuan senjata SS1, pengetahuan dasar tentang menembak, tehnik dan taktik menembak serta melaksanakan latihan remasan picu, bidik kering dan gabungan antara nafas, bidik, tekan picu (nabi tepi) dengan demikian diharapkan para peserta mampu menembak dengan menggunakan senjata SS1 dan Pistol FN-46 dengan total nilai minimal 75% serta mampu mengatasi permasalahan tehnis menembak dilapangan dengan cepat, tepat dan benar. usai menerima pengarahan, para peserta dibagi dalam kelompok-kelompok sesuasi dengan urutan gelombang dan lajur.

Dilokasi kegiatan Dandim 0602/Serang Letkol Czi Harry Praptomo,S.H. beserta Kapolres Serang Kota AKBP Komarudin,Sik. MM juga menyampaikan bahwa tugas tentara sudah jelas yaitu menjaga keamanan, maka terkait dengan hal itu seorang prajurit dibekali senjata dan akan dituntut kemahirannya dalam mengoperasionalkan senjata tersebut yaitu menembak, maka sudahlah jelas bahwa tugas pokok prajurit salah satunya adalah mahir dalam hal menembak dikaitkan dengan pengamanan yang sewaktu-waktu dibutuhkan jika situasi keamanan wilayah dalam keadaaan darurat.

 

Lebih jauh Letkol Czi Harry Praptomo,S.H. mengatakan ada tiga item dalam latihan menembak tersebut yaitu Latihan menembak perorangan oleh seluruh anggota dalam Latbakjatri Triwulan I dengan sasaran lesan tubuh, bahwa melalui latihan menembak senjata ringan triwulan satu ini yang merupakan program dari komando atas berharap prajurit yang dipimpinnya akan semakin mahir dalam menembak walaupun sudah disibukkan dengan tugas-tugas kewilayahan serta masing-masing personil semakin mempertajam kemampuan perorangan dalam menembak.

 

Latihan menembak senjata ringan jenis SS 1 dan Pistol FN-46, merupakan program latihan untuk senjata Ringan Laras panjang SS 1 dilaksanakan dengan jarak 100 meter sikap tiarap, duduk dan berdiri sementara itu untuk senjata laras pendek, yakni Pistol FN-46 berjarak 15 meter dengan sikap berdiri, maka dengan terselenggaranya latihan ini diharapkan kepada seluruh Prajurit Kodim 0602/Serang mampu melaksanakan menembak dengan benar serta dapat menguasai teknik menembak dengan benar sesuai dengan prosedur.


Yang terakhir menurutnya Latihan kemampuan serta kemahiran menembak harus dimiliki oleh setiap Personel TNI, khususnya prajurit Kodim 0602/Serang, untuk itu dengan bermodal kemampuan tersebut, prajurit akan memiliki kepercayaan diri yang tinggi dalam melaksanakan setiap tugasnya. (sjn)

Rate this article!
Latbak Kodim 0602/Serang,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

eight − 6 =