Terjun langsung ke masyarakat Babinsa Monitoring Stunting di desa binaan

Kegiatan Jajaran 0

Kodim 0602 serang -Babinsa Koramil

0602-06/Keramat watu mendatangi rumah masyarakat untuk monitoring Stunting di desa binaan Selasa 13/12/2022

Stunting menjadi suatu masalah kesehatan gizi yang masih terjadi di Indonesia. Pola asupan gizi yang kurang tepat pada waktu 1000 hari pertama kehidupan menjadi salah satu faktor terjadinya permasalahan stunting ini. Selain itu, ada beberapa faktor lain yang menyebabkan Stunting pada anak yaitu kurangnya pengetahuan ibu mengenai gizi sebelum hamil, saat hamil, dan setelah melahirkan, terbatasnya akses pelayanan kesehatan, kurangnya sanitasi, dan masih kurangnya akses makanan bergizi karena tergolong mahal.

Oleh karena itu, dalam rangka upaya percepatan penurunan angka stunting, babinsa koramil 0602-06/kramatwatu Sertu (k) Deka monitoring berupa pendampingan keluarga anak yang beresiko stunting di desa Toyomerto kecamatan keramatwatu, kabupaten serang.

Sertu Deka, tidak hanya monitoring, pendataan serta memberikan bantuan makanan bergizi untuk membantu mencukupi asupan gizi imbang yang baik berupa, roti dan susu untuk tiap anak yang dikunjunginya.

Dalam kunjungan sejumlah 10 anak di berbagai Kampung yang ada di Desa Toyomerto menemui berbagai kondisi yang dimiliki setiap anak di rumah mereka. Salah satunya terdapat anak yang telah ditinggal mati kedua orang tuanya sehingga ia hanya mendapat penjagaan dari neneknya yang seorang petani. Ada pula anak yang keluarganya termasuk ke dalam keluarga yang kurang mampu dilihat dari rumah yang dikunjungi. Beberapa faktor ini menjadi salah satu alasan terbesar dalam pemilihan anak yang akan di-monitor oleh Babinsa.

Setelah monitoring yang dilakukan oleh Sertu (k) Deka dapat dilihat bahwa bukan hanya faktor ekonomi yang menjadi penyebab stuning pada anak, banyak juga ibu – ibu yang belum teredukasi informasi mengenai stunting dan bagaimana mencegah stunting agar tidak terjadi pada anak mereka. Oleh karena itu, Sertu (k) Deka selalu menekankan sosialisasi mengenai stunting dan cara mencegah stunting kepada ibu – ibu yang memiliki anak bayi di bawah usia dua tahun. Dengan harapan informasi mengenai stunting tersebut mampu menggugah kesadaran masyarakat akan pentingnya nutrisi untuk mencegah stunting, serta mampu berkontribusi dalam menurunkan angka stunting di Kabupaten serang khususnya Desa Toyomerto.

Sertu (K) Deka, monitoring dilaksanakan pada saat posyandu. Sosialisasi tersebut diikuti oleh ibu-ibu hamil dan ibu – ibu yang memiliki balita. Tujuan sosialisasi tersebut untuk mengedukasi dan menumbuhkan rasa peduli tentang bagaimana mencegah terjadinya stunting, pungkasnya.

Ibu Rahmah salah satu Masyarakat yang anaknya terkena Stunting sangat senang, diperhatikan oleh Ibu babinsa, semoga dengan ada nya perhatian dari Ibu babinsa bisa menurunkan angka Stunting di Desa Toyomerto, kecamatan Kramatwatu kabupaten serang.

author

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

2 + 19 =